Headlines News :
Home » » Komputer

Komputer

Written By ™[ FriendShip ]™ on Kamis, 05 April 2012 | 23.03

Definisi Komputer :
 Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Aslinya, kata “komputer” menunjuk kepada orang yang melakukan perhitungan numerik dengan bantuan alat penghitung mekanik termasuk sempoa dan kalkulator. 
Menurut Blissmer(1985)
komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dari definisi di atas, terdapat tiga istilah penting yang ditemukan,  yaitu input/masukan (data), pengolahan data, dan informasi (output/keluaran). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (electronic data processing / EDP).

 Sistem Komputer : 
Supaya komputer dapat mengolah data, maka harus ada suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem ini terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Fungsi utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang perlu didukung oleh perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware
  1. Perangkat Keras (hardware),adalah peralatan komputer itu sendiri, berupa objek yang dapat disentuh
  2. Perangkat lunak (software) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, berupa bagian komputer yang tidak memiliki bentuk fisik
  3. brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Struktur dan Fungsi Komputer
Struktur sederhana dari sebuah komputer digambarkan pada diagram blok di bawah:
Adapun fungsi dari masing-masing komponen dari struktur di atas yang berperan dalam menyusun perangkat komputer adalah sebagai berikut:

  1.  Input Device (Alat Masukan), Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
  2. Output Device (Alat Keluaran), Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy( ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  3.   I/O Ports,  Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini
  4. CPU (Central Processing Unit), CPU merupakan otak dari sistem komputer, dan memilih dua bagian fungsi operasional yang penting , yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  5. Memori, Memori terbagi dua yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu dan dapat dihapus, namun akan hilang setelah komputer dimatikan, sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan dan tidak akan hilang ketika komputer dimatikan.
  6. Data Bus, Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada satu saat. Lebar data bus ini .menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, yang artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
  7. Address Bus, Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
  8. Control Bus, Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel.




Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. "BELAJAR KOMPUTER" - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger